Duri Ikan Tertelan? Tak Perlu Panik, Begini 9 Cara Mengatasinya! No. 8 Paling Ampuh

Diposting pada

Saat duri tersangkut, tentu saja tenggorokan menjadi sakit dan kita juga menjadi sulit untuk menelan makanan.

Namun, tidak perlu panik, duri ikan yang tidak sengaja tertelan tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara:

1. Jangan Menggunakan Tangan

Jangan mengeluarkan tulang ikan yang tertelan dengan menggunakan tangan Anda karena justru dapat mengakibatkan infeksi pada kerongkongan, apalagi bila tangan Anda tidak bersih.

2. Batuk

Cobalah untuk batuk. Beberapa kasus, batuk yang keras cukup membantu mengeluarkan duri ikan yang tertelan.

3. Minum Air Garam

Anda bisa mengambil segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput garam. Jika duri ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan terbawa air garam masuk ke saluran pencernaan.

4. Menelan Sekepal Nasi

Duri yang tertelan juga bisa diatasi dengan menelan langsung sekepal nasi tanpa dikunyah terlebih dahulu.

5. Menelan Marshmallow

Kunyahlah beberapa marshmallow namun jangan sampai terlalu halus, lalu telanlah. Marshmallow yang memiliki tekstur tebal dan kenyal, ketika terkena air liur akan berubah menjadi lengket, sehingga duri yang menelan dapat menempel pada marshmallow dan terbawa ke saluran pencernaan.

Loading...

6. Minum Minyak Zaitun

Campurkan air hangat dengan minyak zaitun, lalu minumlah. Minyak zaitun dapat berfungsi sebagai pelumas dalam kerongkongan sehingga membuat duri terlepas.

7. Menelan Pisang

Bila di sekitar Anda tidak ada nasi, Anda juga bisa menggantikannya dengan buah pisang yang bisa Anda telan tanpa mengunyahnya. Taruhlah potongan pisang ke dalam mulut Anda, dan biarkan sejenak tanpa dikunyah. Setelah cukup lunak, perlahan-lahan telanlah pisang tersebut.

8. Jangan Lagi Makan Ikan Yang Ada Durinya

Ini merupakan cara terakhir jika semua cara diatas sudah tidak mampu lagi mengatasi rasa sakit akibat duri ikan yang tertelan dalam tenggorokan. Namun jika Anda masih merasa sakit dengan cara ini silahkan lanjut ke cara terkahir dibawah ini.

9. Hubungi Dokter

Bila dengan beberapa cara di atas belum juga teratasi dan kerongkongan masih sakit, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Loading...