Agar Ginjal Tak Cepat Rusak! Segera Tinggalkan 5 Hal Ini Sekarang Juga

Diposting pada

Peranan ginjal dalam tubuh manusia tidak bisa kita remehkan begitu saja. Karena secara nyata ginjal ini bertugas untuk memisahkan zat kimia dalam darah untuk dibuang melalui saluran urine.

Nah, dengan begitu sudah sangat terlihat jelas kalau ginjal mengalami kerusakan, maka racun tidak bisa terbuang dari tubuh dan tentu akan menjadi berbahaya untuk kesehatan kita.

Dilansir dari laman ahliginjal.com (retrieved 16/03/2018), saat ini kerusakan ginjal tidak hanya diakibatkan oleh faktor makanan dan minuman saja. Namun kebiasaan buruk yang tanpa sadari sering kita lakukan juga berpengaruh buruk dalam kesehatan ginjal.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa bikin ginjal kamu rusak, maka segera jauhi sekarang juga.

1. Malas Minum Air Putih

Seperti yang terkait dalam fungsi ginjal manusia, malas minum / bahkan lupa minum kini tengah menjadi kebiasaan mereka yang memiliki profesi kerja dengan jadwal padat setiap harinya. Air dapat membantu melarutkan zat kimia yang berada pada ginjal, sehingga memudahkan ginjal dalam proses pembuangan racun dalam tubuh.

2. Banyak Begadang

Sebagian orang mungkin lebih aktif melakukan aktivitas di malam hari (begadang). Tapi terlalu sering begadang sebenarnya dapat mengganggu konsentrasi anda. Terbukti dari sebuah kasus yang telah diselesaikan para ahli, bahwa terlalu sering begadang juga dapat berdampak buruk terkait kesehatan ginjal.

Loading...

3. Menahan Pipis

Kebiasaan ini biasanya lebih banyak dilakukan oleh pria saat mereka sedang mementingkan aktivitasnya, dari pada harus berjalan jauh untuk membuang air kecil. Sebenarnya dalam pandangan medis, kebiasaan ini dapat berpengaruh besar terhadap kantung kemih dan juga berpotensi menjadi kerusakan ginjal yang fatal.

4. Sering Minum Obat Kimia

Fungsi utama pada ginjal adalah sebagai alat untuk filter zat kimia dan racun dalam tubuh. Seperti sisa endapan zat kimia dari makanan, juga di dalam obat-obatan kimia seperti yang dijual bebas di pasaran. Untuk itu banyak dokter yang mengatakan batas pengonsumsian obat sangatlah penting untuk diterapkan.

5. Malas Berolahraga

Pasti kita sudah tahu kalau olahraga itu memiliki tujuan yang sangat baik bagi kesehatan diri Anda. Dengan kebiasaan menjalankan rutinitas olahraga minimal seminggu 3 kali, dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh, secara otomatis akan memacu kerja ginjal agar tetap optimal.

Namun jika kamu termasuk orang yang tidak pernah berolahraga, apalagi dengan kondisi badan yang gemuk, maka salah satu masalah kesehatan yang menanti adalah penyakit jantung dan juga ginjal.

Sumber referensi :

ahliginjal.com/kebiasaan-yang-bisa-merusak-ginjal
brilio.net/kesehatan/10-kebiasaan-yang-tak-kamu-sadari-ini-bisa-merusak-ginjal-lho-170511h.html

Loading...