Inilah 3 Cara Menurunkan Asam Urat Paling Cepat Secara Alami Tanpa Obat

Diposting pada

Kadar asam urat bisa meningkat secara drastis jika mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Akibatnya, timbul rasa sakit yaitu nyeri pada sendi akan dialami penderita asam urat. Jika hal ini terjadi pada Anda maka penting dilakukan menurunkan kadar asam urat atau purin dalam tubuh.

Ada banyak cara untuk mengurangi asam urat tinggi tanpa harus minum obat, salah satunya dengan makan buah penurun asam urat seperti buah ceri. Dan untuk mengatasi asam urat tinggi tidak terjadi lagi maka perlu kontrol dengan menjaga pola makan khususnya menghindari makanan pantangan bagi penderita asam urat.

Cara menurunkan asam urat dengan cepat bisa dilakukan dengan mudah seperti perbanyak minum air putih. Silahkan minum 8 gelas sampai 10 gelas air putih setiap hari untuk menjaga urine tetap encer agar kristal asam urat tidak terbentuk dengan mudah. Selain itu, Bisa juga dengan minum vitamin C.

Manfaat vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh, dengan mengkonsumsi vitamin C 500 hingga 3000 mg per hari mampu menurunkan asam urat dan mencegah kadarnya menjadi tinggi. Namun tentu cara ini tidak baik jika dilakukan secara terus menerus.

Oleh karena itu penting untuk Anda memilih cara-cara menurunkan asam urat dengan alami dan aman yaitu dengan menggunakan ramuan tradisional.

Cara Menurunkan Asam Urat dengan Alami dan Aman

Penderita asam urat sebenarnya bisa menghindari kadar purin tinggi dengan mengontrol pola makan sehat. Diantaranya dengan menghindari makanan-makanan pantangannya. Ada beberapa makanan yang banyak mengandung purin yang sebaiknya dihindari seperti seperti hati, ginjal, otak, daging merah dan alkohol.

Selain itu ada juga jenis sayuran yang sebaiknya dihindari karena kandungan purin yang tinggi seperti bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan jamur. Nah, jika Anda terlanjur mengalami purin tinggi maka berikut ini cara menurunkan asam urat secara alami dan cepat, antara lain:

1. Daun Salam

Loading...

Daun salam merupakan salah satu jenis tanaman penurun asam urat yang ampuh. Dengan mengolahnya menjadi minuman tradisional bisa menjadi obat alami yang mujarab menurunkan kadar purin dalam tubuh. Hal ini dikarenakan pada daun salam memiliki zat flavonoid dan minyak atsiri yang berguna mengurangi kadar asam urat berlebih.

Cara menurunkan asam urat dengan daun salam sangat mudah. Anda minum rebusan air daun salam 2 kali sehari. Rebus segenggam daun salam dengan 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas kemudian saring dan minum dalam keadaan hangat atau dingin.

2. Pare

Cara menurunkan asam urat secara alami dan cepat selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan pare. Seperti yang kita ketahui bahwa pare memiliki rasa yang pahit namun demikian bisa digunakan sebagai penurun asam urat dengan cepat.

Menurunkan asam urat dengan pare yaitu dengan minum rebusan pare sehari 1 kali. Membuat ramuannya pun sangat mudah, pertama siapkan 1 buah pare ukuran sedang kemudian buang bijinya dan potong potong. Cuci hingga bersih kemudian rebusa dengan 2 gelas air hingga menjadi segelas dan kemudian minum dalam keadaan hangat.

3. Jahe Merah

Jahe merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan. Jahe merah ternyata bisa diolah menjadi obat penurun asam urat alami dengan menambahkan bahan lainnya. Cara menurunkan asam urat secara alami dengan jahe merah seperti cara lainnya diatas yaitu minum ramuan tradisional. Berikut ini cara membuat obat penurun asam urat tradisional dengan jahe merah yang mujarab yaitu:

  • Pertama siapkan bahan-bahan ramuannya antara lain, 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 1 butir pala, 1 ruas ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya.
  • Rebus semua bahan di atas dengan satu setengah liter air hingga tersisa setengahnya.
  • Minum 2 kali sehari secara teratur dengan dibarengi makan ubi jalar merah tersebut.

Itulah tadi beberapa cara menurunkan asam urat secara alami dan cepat. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua khususnya penderita asam urat. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Loading...