Ini Nih Macam Macam Sayuran yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Diposting pada

Musim hujan tentu menjadi berkah untuk mulai bercocok tanam. Setelah berakhirnya musim kemarau, para petani akan mulai bercocok tanam dan menyesuaikan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di musim hujan.

Saat musim hujan tiba, ketersediaan air sangatlah melimpah. Ini menjadikan daun-daun tanaman mulai menghijau dengan suburnya dikarenakan adanya nitrogen bebas yang terkandung dalam air hujan.

Petani pun disarankan untuk menanam berbagai macam tanaman seperti sayuran dan buah-buahan karena umurnya yang lebih singkat dan memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap ketersediaan air yang melimpah.

Berikut adalah beberapa jenis sayuran yang cocok ditanam di musim hujan;

Kangkung

Kangkung adalah jenis sayuran yang hidup di dataran rendah dengan kelembaban yang cukup tinggi, bahkan sering hidup di perairan. Saat ini, kangkung sudah banyak dibudidayakan di dataran atau di tanah. Namun, itu tidak mengubah tingkat ketahanan kangkung terhadap cuaca lembab dan tergenang air. Oleh sebab itu, kangkung sangat baik untuk dibudidayakan saat musim hujan.

Genjer

Selain kangkung, genjer juga salah satu jenis sayuran yang dibudidayakan di lingkungan berair. Genjer bahkan lebih cocok ditanam di areal persawahan yang memiliki genangan air. Karena itu, sayuran genjer paling pas ditanam saat musim hujan tiba.

Bayam

Bayam juga cocok ditanam saat musim hujan. Setelah proses penyemaian, pindah tanam yang dilakukan di musim hujan sangat baik untuk tahap perkembangan tanaman bayam. Sebab, dengan bantuan air hujan tanaman bayam akan mengalami pertumbuhan dengan cepat dan subur.

Loading...

Sawi putih

Meski sawi putih kebanyakan dibudidayakan di darat, bukan berarti sawi tidak cocok ditanam saat musim hujan. Sawi sangat kuat dan tidak mudah layu jika terkena rintikan air hujan secara terus menerus. Perawatan sawi juga cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Selada

Selada merupakan sayuran yang digemari petani saat musim hujan tiba. Selada sangat kuat menghadapi kondisi cuaca yang sering hujan, bahkan tanaman selada bisa hidup subur saat musim hujan.

Daun bawang

Dalam melakukan penanaman daun bawang, sangat dibutuhkan persediaan air yang cukup banyak. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menanam daun bawang saat musim hujan.

Terong

Sayuran ini cocok untuk alternatif pengganti tanaman di musim hujan, karena sayuran ini termasuk jenis sayuran yang membutuhkan banyak air. Namun jika tanaman ini sudah tergenang air, sebaiknya segera ditangani agar akar tidak cepat busuk.

Sementara itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa saat musim hujan tiba perkembangan penyakit tanaman akan berlangsung lebih cepat. Penyakit tanaman di musim penghujan hampir semuanya disebabkan oleh jamur dan bakteri. Sedangkan serangan hama seperti kutu daun sangat minim sekali.

Kelembaban udara yang tinggi disertai kadar nitrogen melimpah menyebabkan jamur dan bakteri berkembang biak dengan pesat. Sedangkan telur kutu-kutuan akan gagal menetas pada kondisi lembab.

Selain beberapa tanaman di atas, tanaman lain yang cocok untuk ditanam di musim hujan adalah: seledri, kubis, caisim, kacang panjang, buncis, pare, timun, gambas, semangka, melon dll.

Loading...